Kodim 1208/Sambas Gelar Pelaksanaan Penataran Dan Pelatihan Tracer Covid-19

Sambas Ankasapost.com

 

Komandan Kodim 1208/Sambas Letnan Kolonel Inf Setyo Budiyono S.H.,M. Tr (Han) membuka Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19 Kodim 1208/Sambas TA 2021 bertempat di Garasi Makodim Sambas Jalan Tabrani, Desa Lumbang, Kec. Sambas Kab. Sambas, Selasa (7/9).

Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19 ini dilaksanakan guna mendukung kebijakan pemerintah terkait penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Penataran Pelatihan Tracer Covid-19 diikuti oleh Babinsa jajaran Kodim 1208/Sambas yang dipersiapkan untuk nantinya lansung turun ke wilayah binaan masing-masing terkait penelusuran kontak terhadap orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Maratisoleha Amd. Keb, Salah satu tim Kesehatan Dari Puskesmas Sejangkung sebagai pengisi materi menyampaikan, pelacakan kontak merupakan proses untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi atau probabel untuk mencegah penularan selanjutnya. Kegiatan ini penting karena kasus konfirmasi dapat menularkan penyakit sejak 2 hari sebelum hingga 14 hari sesudah timbulnya gejala”, Terangnya.

Komandan Kodim 1208/Sambas Letnan Kolonel Inf Setyo Budiyono S.H., M.Tr (Han) saat acara pembukaan menyampaikan,
“Pembentukan Kader Tracer Covid-19 wilayah Kodim Sambas yaitu Koramil-Koramil jajaran ini merupakan salah satu bentuk nyata keseriusan dalam menangani dan memutus mata rantai Covid-19, karena penelusuran inilah yang menjadi kunci utamanya,” Ungkap Dandim

Selanjutnya Dandim mengatakan, para peserta penataran nantinya akan di bekali ilmu dan pengetahuan tentang tata cara dan prosedur yang harus dilaksanakan pada penelusuran kontak kepada orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Oleh karena itu, kepada para peserta ditekankan agar benar-benar menggunakan waktu yang ada ini dengan penuh rasa tanggung jawab, memahami setiap materi yang diberikan, menanyakan apabila belum jelas, serta melaksanakan setiap kegiatan dengan mempedomani protokol kesehatan.

Melalui penataran Kader Tracer Covid-19, kata Dandim juga diharapkan dengan dibentuknya Kader ini dapat membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 demi menjadikan wilayah bebas Covid-19 sehingga roda perekonomian masyarakat dapat segera pulih kembali, Harapnya.

“Saya yakin dengan didasari tulus dan ikhlas, semangat pantang menyerah melawan Covid-19, segala upaya yang kita laksanakan ini akan membuahkan hasil sesuai apa yang kita harapkan bersama menuju masyarakat yang produktif dan bebas Covid-19,” Tutup mantan Komandan Batolion 641/Bru Tersebut.(muslimin)

Direkomendasikan untukmu

Tinggalkan Balasan