Bersumber Dari Dana Desa, Pemdes Jatisari Salurkan BLT Ke Warga

Pasuruan,Ankasapost.com – Kali ini warga masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan bisa menarik nafas lega terkait dengan janji pemerintah untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang kini sudah tercairkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga, Kamis (21/05/2020).

Dalam program jaring pengaman sosial dana desa terdiri dari Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Desa Tanggap Covid-19, H. Jumain, selaku kepala Desa Jatisari menjelaskan terkait kriteria keluarga yang akan mendapatkan bantuan BLT Dana Desa dalam membantu keterpurukan keluarga tersebut akibat dampak Covid-19.

“Tentunya pembagian ini ada persyaratan, yang BLT itu sasarannya keluarga miskin yang bukan penerima PKH, bukan penerima BPNT, bukan penerima BLT Kemensos,” Ujar H. Jumain.

Keluarga yang terdampak covid-19 banyak yang kehilangan mata pencaharian, dan mengakibatkan miskin mendadak dan kepala keluarga yang memiliki anggota keluarga yang sakit kronis atau sakit menahun.

Mengenai jumlah besaran bantuan yang diterima oleh masyarakat yang termasuk dalam kriteria yang telah ditetapkan, akan mengacu pada rumusan di Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang penggunaan dana desa.

Keluarga miskin yang akan mendapatkan BLT Dana Desa dihitung jatahnya selama 3 Bulan, dan yang mendapatkan bantuan berjumlah 196 KK, tentunya keluarga miskin.

Dari RT RW dan satgas yang mencari data dan ini yang paling benar- benar berhak menerima BLT 600 ribu selama tiga bulan berturut- turut dari sumber dana DD, dan kriteria dari kemensos, terdaftar dari DTKS per KK jumlahnya sama 600 rb ada 36 KK,” Terang kepala Desa yang menjabat tiga periode ini.

Sementara itu, salah satu warga masyarakat penerima bantuan yang namannya enggan disebutkan menyampaikan “Saya merasa terbantu sekali dengan adanya bantuan ini, saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang sudah memberikan bantuan kepada kami warga yang kurang mampu,” Pungkasnya.

Ini adalah bantuan BLT periode April 2020, untuk periode Mei 2020 diperkirakan akan keluar setelah hari raya Id ul Fitri. (Soleh)

Direkomendasikan untukmu

4 Comments

      1. Pembagi dana saya tidak jabatan nya apa , dr daerah porworejo , pohjentrek , pasuruan , sebelumnya tidak ada perjanjian atau pun persetujuan , knp mau di kasi 400 , kalau harusnya 600 , ya karna saya tidak pernah dpt undangan rapat atau masyawarah desa , jd tidak tau hrs nya dpt brp dan knp dpt nya cuma 400 , seperti itu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *