Batalnya Pembangunan Pembangkit Listrik Mandiri dan Instalasi Listrik Bagi Industri di Jatiroto

Lumajang. AnkasaPost.comSebagaimana kita ketahui bersama, namun publik jarang menyimaknya dengan serius. Bahwa PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI berencana mengujicobakan dua pabriknya, yakni Pabrik Gula (PG) Jatiroto Lumajang dan PG Asembagus Situbondo pada 2018 untuk menghasilkan listrik dan bahan bakar bioetanol.

Direktur Utama PTPN XI (pada waktu itu) M Cholidi mengatakan uji coba bagian dari diversifikasi produk turunan tebu selain gula, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba.

“Tahun depan ada dua pabrik gula yang selain menghasilkan gula juga akan menjadi listrik dan bahan bakar bioetanol,” kata Cholidi

Cholidi mengatakan, dengan adanya diversifikasi akan murni menghasilkan kemandirian pangan, serta kemandirian energi berbasis organik.

Ia mengatakan, dua pabrik tersebut akan menjadi percontohan dari total 15 pabrik lainnya yang berada dibawah naungan PTPN XI, dan segera menyusul PG Semboro kemudian PG Kanigoro di Madiun.

Bagi Pabrik Gula Djatiroto khususnya, pemenuhan kebutuhan listrik ini adalah sebuah terobosan kemampuan industri perkebunan yang tidak hanya berimbas pada nilai jual gula, tapi juga dapat memberikan umpan balik yang bagus sekali terhadap masyarakat disekitar Jatiroto pada umumnya.

Rudi, salah satu penggiat LSM di Jatiroto menyikapi sangat serius data awal yang diajukan oleh jurnalis Ankasapost.com ini sebagai titik balik upaya industri gula di Jatiroto yang patut diacungi jempol.

‘Entah karena apa, akhirnya proyek itu batal atau tidak jadi. Sebagai masyarakat kami tentunya sangat menunggu sebuah terobosan tekhnologi yang bagus sekali ini, Bravo buat PG Djatiroto’ tandas Rudi, Selasa(24/11/20) di Jatiroto kemarin.

Tampaknya pembangunan pembangkit listrik bio-etanol ini batal mas, khabarnya tidak perlu repot membangun pembangkit listrik. Seluruh kebutuhan listrik PG Djatiroto akan dipenuhi oleh PT PLN, seperti yang sampeyan lihat dipasang tersier dan kemarin mengakibatkan enam tiang PLN patah’, diaampaikan salah seorang sumber AnkasaPost.com yang tidak mau disebutkan nama dan identitasnya.(ery)

Direkomendasikan untukmu

Tinggalkan Balasan